Fitur `OK Google` Kini Dukung Bahasa Indonesia

 

Liputan6.com, Jakarta – Google telah meluncurkan kampanye bertajuk “Tanya aja Google App” yang didesain sesuai dengan perilaku pengguna saat melakukan pencarian di Google. Kampanye ini bertujuan untuk membuat pengguna semakin mudah dalam menemukan informasi.

Dan kini, guna memuluskan kampanye tersebut, Google memperkenalkan fitur suara “OK Google” yang sudah dapat diaktifkan dalam Bahasa Indonesia. Fitur ini dapat dikases pengguna melalui menu pengaturan bahasa di smartphone.

Dengan tambahan fitur inovatif ini, pengguna tak perlu lagi repot mengetik untuk melakukan pencarian di aplikasi Google. Hanya dengan mengatakan “OK Google​”, pengguna dapat langsung melakukan pencarian.

Sebagai contoh, pengguna misalnya dapat menanyakan “Hasil skor Liga Inggris” atau “Restoran bakmi terdekat.” Lalu pertanyaan Anda tersebut akan langsung dijawab oleh Google App dalam Bahasa Indonesia.

“Netizen tak hanya menggunakan Google untuk pertanyaan-pertanyaan serius atau akademis saja, tapi juga untuk membantu mereka mendapatkan informasi yang tepat dalam waktu yang tepat. Dengan pencarian berbasis suara, kami berharap pengguna di Indonesia semakin mudah menemukan informasi yang diperlukan,” jelas Sandy Tantra, Consumer Marketing, Google Indonesia dalam siaran persnya.

Lebih lanjut dijelaskan, kampanye “Tanya aja Google App” digelar karena dipicu perilaku netizen saat melakukan pencarian dengan aplikasi Google.

Ada dua hal yang diperhatikan oleh Google: Pertama, pengguna cenderung mengetik kalimat yang lebih panjang, dan yang kedua, pengguna kerap menggunakan bahasa yang kasual seperti berbicara dengan seorang teman.

google